Jumat, 22 Oktober 2010

UTS

“TUGAS MANAJEMEN PENDIDIKAN”







MATA KULIAH : MANAJEMEN PENDIDIKAN
DOSEN PENGASUH : PROF. DR. WASPODO, M.Pd

TUGAS OLEH

NAMA : AMINOTO
NIM : 10251002 D
KONSENTRASI : MANAJEMEN PENDIDIKAN


PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER MANAJEMEN
ANGKATAN XV
UNIVERSITAS BINA DARMA
2010

UJIAN TENGAH SEMESTER

Mata kuliah : manajemen Pendidikan
Dosen : Prof. Dr. Waspodo
Nama Mahasiswa : Aminoto
NIM : 10251002 D
Kelas : Reguler A
Konsentrasi : Manajemen Pendidikan
1. Pendidikan sebagai suatu sistem mempersyaratkan kepaduan antara komponen pembentuk sistem. Bagaimana peran mata kuliah ini dalam konteks pencapaian tujuan pendidikan pengembangan potensi mahasiswa menjadi ilmuan dan professional?
Jawab:
Sistem yaitu:
Terdiri dari sub-Sistem
Masing-masing komponen mempunyai peran masing-masing
Dapat bekerja dengan baik jika peran dari siatem itu synergy
Jika masing-masing peran dari fungsi sub-sistem tidak diambil alih
Komponen sistem pendidikan yaitu semua yang berhubungan dengan pendidikan mulai dari siswa,orang tua,guru,masyarakat,dll.
Ilmuwan yaitu orang yang bekerja dan mendalami dengan tekun dan sungguh-sungguh dalam bidang ilmu pengetahuan.
Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi.
Tujuan Program Sistem Manajemen khususnya manajemen pendidikan yaitu mengatur Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan tertentu.
UU yang mengatur Guru & Dosen dalam pencapaian tujuan pendidikan yaitu UU No 4 Th 1950 pasal 3 yang menetapkan bahwa tujuan pendidikan dan pengajaran ialah membentuk manusia susila yang cakap dan warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air.
Dari uraian diatas jelas bahwa sangat mata kuliah Managemen Pendidikan sangat penting.karena dengan adanya mata kuliah ini, mahasiswa dapat lebih mengetahui tujuan pendidikan dalam mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi ilmuwan yang professional dalam bekerja.

2. Bila A dibanding dengan komponen lain, sumberdaya manusia pendidikan mempunyai peran yang lebih besar dibanding dengan komponen lain. Setujukah saudara dengan pernyataan itu?Berikan alasan atas tanggapan saudara itu?
Jawab:
Saya sangat setuju.Karena apabila sumber daya manusia pendidikan baik,maka akan menghasilkan atau mencetak lulusan yang handal.
a. MSDM merupakan suatu pengakuan terhadap pentingnya unsur manusia sebagai sumber daya yang cukup potensial dan sangat menentukan dalam suatu organisasi, dan perlu terus dikembangkansehingga mampu memberikan kontribusi yang optomal dalam organisasi maupun bagi pengembangan dirinya.
b. MSDM merupakan faktor yang akan menentukan kinerja pada suatu organisasi , ketepatan memanfaatkan dan mengembangan sumber daya manusia serta mengitegrasikannya dalam suatu kesatuan gerak dan arah organisasi akan menjadi hal penting bagi peningkatan kapasitas organisasi dalam mencapai tujuan.
c. SDM dalam kaitannya dengan Manajemen Pendidikan adala personil/sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan, baik itu tenaga pendidik seperti guru, maupuin tenaga kependidikan lainya. Intensitas dunia pendidikan berhubungan dengan manusia dapat dipandang sebagai suatu perbedaan penting antara lembaga pendidikan/organisasi sekolan dengan organisasi lai, Ini sejalan dengan pernyataan Sergivani, bahwa:
Sumber daya manusia menjadi sangat dominan dalam proses pendidikan/pembelajaran, hal ini juga berarti bahwa mengelola sumber daya menusia merupakan bidang yang sangat penting dalam melaksanakan proses pendidikan/pembelajaran di sekolah.
3. Menurut pendapat saudara, bagaimana sikap profesionalitas sumber daya manusia dilingkungan kerja saudara. Jelaskan dengan contoh diharapkan dapat memperjelas pendapat saudara.
Jawab:
Pengertian
Profesionalitas merupakan sikap para anggota profesi benar-benar menguasai,sungguh-sungguh kepada profesinya.
Pengertian profesional guru menurut UU Guru dan Dosen bahwa Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran dan kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memiliki pendidikan profesi.
Sikap profesionalitas di lingkungan saya bekerja kurang efektif, ini terlihat dari masih ada tenaga pendidik yang mengajar tidak di bidangnya.












Contoh:
1 Artan, S.Pd,M.M (S-1. Ekonomi) 1.Geogirafi
2.BP
2 Darson, S.Pd (S-1 matematika) 1. Matematika
2.BP
3 Amat Armawan, S.Pd (S-1 ekonomi) 1. Ekonomi
2.BP
4 Drs. Mawardi (S-1 Bahasa Indonesia) 1. Bahasa Indonesia
2.BP
5 Jusman Aidil, S.Pd (S-1 Bahasa Inggris) 1. Bahasa Inggris
2.BP
6 Yennie Karneli, S. Pd (S-1 Matematika) 1. Matematika
7 Drs. Hendra Jaya (S-1 Pendidikan Agama Islam) 1. Pend. Agama Islam
2. BP
8 Sutiyati, S.Pd (S-1 Bahasa Indonesia) 1. Bahasa Indonesia
9 Tuti Masro (D.II Keterampilan Jasa) 1. Mulok
10 Sunarno, S.Pd (S-1 Bahasa Inggris) 1. Bahasa Inggris
11 Aminoto,S.Pd (S-1 kimia) 1. Kimia
12 Endang Indrawai, S.Pd (S-1 PPKn) 1. PKn
13 Sisika Kesuma Ningrum,S.Si (S-1 Fisika) 1. Fisika
14 Eka Heltika, S.Pd (S-1 Sejarah) 1. Sejarah
15 Erneli Miarti, S.Pd (S-1 Matematika) 1. Sosiologi
16 Indri Hapsari, S.P (S-1 Biologi) 1. Biologi
17 Ni Nyoman Sri M, S.Pd (S-1 Sejarah) 1. Sejarah
2. Seni Budaya
18 Lili Eryani, S. Pd (S-1 Matematika) 1. Matematika
2. Sosiologi
19 Pety Winda Sari, S.Pd (S-1 Biologi) 1. Seni Budaya
2. Mulok
20 Winarty Anggraeni, A.md (D.III Komputer) 1. T I K
21 Fadli Apriansyah, S.E (S-1 ekonomi) 1. Ekonomi
2. T I K
22 Pebri Saputra Yudha (D.III Penjaskes) 1. Pendidikan Jasmani
23 Nurhayati, S.Ag (S-1 Pendidikan Agama Islam) 1. Bahasa Arab
24 Apriaini, S.Pd (S-1 Bahasa Inggris) 1. Bahasa Inggris
25 Widyia Sari, S.Pd (S-1 Bahasa Inggris) 1. Bahasa Indonesia
2. Geografi
26 Meliana (D.III Penjaskes) 1. Pendidikan Jasmani
27 Muhamad Rifa'i, S,Pdi (S-1 Pendidikan Agama Islam) 1. Pend. Agama Islam
2. Bahasa Arab








“TUGAS MANAJEMEN PENDIDIKAN”







MATA KULIAH : MANAJEMEN PENDIDIKAN
DOSEN PENGASUH : PROF. DR. WASPODO, M.Pd

TUGAS OLEH

NAMA : AMINOTO
NIM : 10251002 D
KONSENTRASI : MANAJEMEN PENDIDIKAN


PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER MANAJEMEN
ANGKATAN XV
UNIVERSITAS BINA DARMA
2010

ALISIS SWOT
Sasaran : 1. Pengadaan Media Mengajar
Fungsi dan Faktor Kreteria Kesiapan Kondisi Nyata Tingkat
Kesiapan
Fungsi
Siap Tidak
A. Fungsi Program
1. Faktor Internal
a. Rencana dan program
kegiatan pengadaan
media pembelajaran

b. Kegiatan pengadaan
pengadaan media
pembelajaran
2. Faktor Eksternal
a. Dukungan Stak holder
B. Fungsi Guru
1. Faktor Internal
a. Komitmen guru mata pelajaran dalam peng
gunaan media pembe
lajaran

2. Faktor Eksternal
a. Tersedianya waktu
C. Fungsi dana
1. Faktor Internal
a. Sumber dana sekolah
yang membiyai kegia
tan pengadaan media
pembelajaran
2. Faktor eksternal
a.. Sumber dana BOMM
untuk pengadaan me-
dia pembelajaran


a. Memeiliki rencana dan program kegiatan pengadaan media pembelajaran

b. Ada kegiatan pengadaan media pembelajaran


a. Ada dukungan Stak holder


a. guru mata pelajaran dalam peng
gunaan media pembela
jaran.


a. Tersedianya waktu

a. Tersedianya dana yang memedai dari sekolah
dalam membiyai
pengadaan media
pengajaran

a. Ada sumber dari BOMM untuk membiyai
pengadaan media
pembelajaran



a .Belum memiliki rencana dan program kegiatan pengadaan media pembelajaran

b. Belum ada kegiatan pengadaan media pembelajaran


a. Ada dukungan Stak holder


a. guru mata pelajaran mempunyai komitmen
dalam penggunaan media pembelajaran.



a. Tersedianya waktu


a. Tidak tersedianya dana yang
memedai dari sekolah
dalam membiyai
pengadaan media
pembelajaran

a. Ada sumber dari BOMM untuk membiyai
pengadaan media
pembelajaran




Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rambang Dangku
Alamat Sekolah : Jalan Jenderal Sudirman Desa Tebat agung Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim

A. VISI, MISI DAN TUJUAN
1. Visi Sekolah : “ Berkualitas, Berbudaya dan berakhlaq “
Indikator :
1. Warga sekolah (Guru, Pegawai, dan siswa) taat menjalankan agama
2. Guru professional dalam bidangnya
3. Pegawai terampil dalam bidangnya
4. Siswa berprestasi dalam disiplin ilmu
5. Guru dan pegawai sejahtera
6. Guru dan pegawai diterima dan dibutuhkan dalam masyarakat
7. Siswa mampu bersaing dalam segala aspek kehidupan
8. Warga sekolah melaksanakan budaya tertib, bersih , kerja

2. Misi Sekolah :
1. Menyediakan sarana dan prasarana ibadah
2. Mengadakan kegiatan-kegiatan agama
3. Menyediakan media cetak dan elektronik
4. Mengikut sertakan guru dalam dalam kegiatan panataran, GMP, Lokakarya, seminar dan pembinaan-pembinaan lainnya.
5. Mengikut sertakan pegawai dalam pelatihan-pelatihan administrasi.
6. Menegakan disiplin siswa dalam belajar
7. Mengupayakan pengadaan sarana perpustakaan, laboratorium dan kegiatan belajar mengajar ekstrakurikuler
8. Mengupayakan pengadaan prasarana ruang kegiatan belajar, laboratorium, gedung kesenian, aula, tempat parkir, pagar sekolah dan lapangan olahraga
9. Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan belajar tambahan
10. Mengikutsertakan siswa dalam setiap perlombaan
11. Memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu
12. Mengupayakan pemenuhan kebutuhan guru dan pegawai yang berkaitan dengan tugas
13. Mengupayakan peningkatan penghasilan guru dan pegawai
14. Menjalin kerjasama antara sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.

3. Tujuan :
1. Tersedianya air bersih, sarana ibadah, dan buku-buku ke Islaman
2. Terlaksananya kegiatan –kegiatan keagamaan di sekolah
3. Tersedianya media cetak dan elektronik
4. Semua guru dan karyawan dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang relevan dengan tugasnya.
5. Terwujudnya disiplin dalam belajar
6. Siswa dapat mencapai nilai minimal/standart kelulusan
7. Siswa lulusan dapat dietrima diperguruan tinggi negeri
8. Tersedianya sarana perpustakaan, laboratorium dan sarana kegiatan belajar mengajar.
9. Terwujudnya sarana ibadah, ruang kegiatan belajar mengajar,
Ruang laboratorium, gedung kesenian, aula, tempat parkir, pengaspalan jalan, pagar sekolah dan lapangan olahraga.
10. Terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif
11. Terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler
12. Keikutsertaan siswa dalan setiap terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler
13. Keikutsertaan siswa dalan setiap perlombaan
14. terpenuhinya kebutuhan guru dan pegawai yang berkaitan dengan tugasnya
15. Meningkatkan ketersediaan peralatan pembelajaran
16. Terjalinnya kerjasama antara sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.
ISSUE / STRATEGI
Strategi yang digunakan adalah melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik.
KEBIJAKAN
Tata Tertib Sekolah:
Siswa dilarang keluar kelas/sekolah selama jam pelajaran berlangsung
Siswa dilarang memakai seragam diluar ketentuan sekolah
Siswa dilarang memakai sepatu berwarna kecuali berwarna hitam
Siswa dilarang memakai kaos kaki yang berwarna kecuali berwarna putih
Siswa dilarang memakai perhiasan(Kalung,gelang,cincin,antingan)
Siswa dilarang memakai topi yang bukan topi sekolah
Siswa dilarang merokok di lingkungan sekolah
Siswa dilarang membawa senjata tajam
Siswa dilarang membawa / memakai narkoba
Siswa dilarang berambut panjang dan mewarnai rambut
Siswa dilarang merusak sarana yang ada pada lingkungan sekolah
Siswa dilarang membawa hp
Siswa dilarang memakai sandal di lingkungan sekolah
Siswa dilarang mengancan guru dan pegawai
Siswa dilarang melakukan tindak criminal baik di sekolah maupun di luar sekolah
Siswi dilarang memakai rok mini dan ketat
Siswa dilarang memakai celana panjang yang banyak kantong dan ketat
Siswa di wajibkan mengikuti upacara bendera,senam,dan kegiatan-kegiatan ekstra lainnya.
Sanksi-Sanksi
Mendapat teguran langsung dari pihak sekolah
Mendapat surat panggilan 1,2 dan 3 dari pihak sekolah
Mendapatkan scoring ringan dan berat dari pihak sekolah
Melaporkan kepada kepolisian apabila kasusnya sudah termasuk tindak kriminal (point 8,9,15)
Pengembalian siswa kepada orang tua



PROGRAM
Tugas Guru Mata Pelajaran:
Menyiapkan Perangkat Pembelajaran (Program Tahunan,Program Semester,Pengembangan Silabus dan identifikasi aspek kompetensi,rancangan penilaian serta scenario pembelajaran)
Melaksanakan administrasi siswa(Daftar nilai,daftar hadir,daftar kemajuan kelas,dsb)
Melaksanakan kegiatan belajar mengajar minimal 24 jam pelajaran bagi guru tetap per-minggu
Mengadakan bimbingan profesi siswa
Mengembangkan alat bantu
Membantu melaksanakan kegiatan 7K
Mengembangkan bahan ajar sesuai dengan perkembangan iptek dan kebutuhan muatan lokal
Mengembangkan kemampuan profesi guru melalui kegiatan diklat atau seminar pendidikan
Mengembangkan minat baca siswa
Memotivasi minat baca siswa
Menyelenggarakan Evaluasi berkelanjutan dan terukur dan membuat analisis
Melakukan kegiatan remedial dan pengayaan
Menyelenggaraka pengelolaan kelas sabagai upaya pembinaan etika siswa
Membuat laporan berkala dan insidental.
PENGANGGARAN
Semua kegiatan belajar mengajar,ekstra kurikuler,dll menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah,dll.
Evaluasi
Proses evaluasi yang dilakuwakan yaitu melalui Ulangan harian,MID semester dan Ulangan Umum Bersama.Dengan diadakannya evaluasi ,maka kita dapat mengetahui sejauh mana tingkat kecerdasan siswa.Dan kita dapat megukur sejauh mana atau akan tercapaikah tujuan pembelajaran guru bidang studi yang di ukur lewat Kriteria Ketuntasan Minimal.









“TUGAS MANAJEMEN PENDIDIKAN”







MATA KULIAH : MANAJEMEN PENDIDIKAN
DOSEN PENGASUH : PROF. DR. WASPODO, M.Pd

TUGAS OLEH

NAMA : AMINOTO
NIM : 10251002 D
KONSENTRASI : MANAJEMEN PENDIDIKAN


PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER MANAJEMEN
ANGKATAN XV
UNIVERSITAS BINA DARMA
2010

LAPORAN HASIL PENELITIAN YENTANG KEPUASAN KERJA

Tempat Penelitian : SMA N 1 Rambang Dangku
Jumlah Guru : 27 orang. Penelitian hanya dilakukan pada 20 orang guru
Nama : Aminoto
Kelas : Reguler A
NIM : 10251002 D
Dosen Pengasuh : Prof. Dr. Waspodo, M.Pd.

A. Hasil Jawaban Responden per Individu
No Jumlah Pilihan tertinggi
Responden 1 2 3 4 5 Setiap responden
1 2 4 3 9 4 = puas
2 3 4 2 9 4 = puas
3 4 5 9 4 = puas
4 3 4 2 9 4 = puas
5 5 2 2 9 3 = cukup
6 3 5 1 9 4 = puas
7 2 3 4 9 4 = puas
8 4 5 9 4 = puas
9 4 5 9 4 = puas
10 5 4 9 3 = cukup
11 5 2 2 9 2 = tidak puas
12 2 4 3 9 3 = cukup
13 2 6 1 9 4 = puas
14 2 7 9 3 = cukup
15 6 2 1 9 3 = cukup
16 1 8 9 4 = puas
17 3 5 1 9 4 = puas
18 3 6 9 4 = puas
19 5 4 9 3 = cukup
20 3 4 2 9 4 = puas
Jumlah 11 72 82 15 180 13 = puas
Prosentase 6,1 % 40 % 45,6 % 8,3 % 100 % 6 = cukup

B. Dari hasil jawaban responden secara keseluruhanadalah:
1. 15 respondien atau 8,3 % menyatakan sangat puas dalam hal kepuasan kerja di SMA N. 1 Rambang Dangku
2. 82 respondien atau 45,6 % menyatakan puas dalam hal kepuasan kerja di SMA N. 1 Rambang Dangku
3. 72 respondien atau 40,0 % menyatakan cukup dalam hal kepuasan kerja di SMA N. 1 Rambang Dangku
4. 11 respondien atau 6,1 % menyatakan tidak puas dalam hal kepuasan kerja di SMA N. 1 Rambang Dangku

C. Dari 20 responden mengisi kuisioner jawaban tertinggui dari 9 pertanyaan menytakan bahwa:

1. Sebanyak 13 responden atau 65 % menyatakan puas dalam hal kepuasan kerja di SMA N. 1 Rambang dangku
2. Sebanyak 6 responden atau 30 % menyatakan cukup dalam hal kepuasan kerja di SMA N. 1 Rambang dangku
3. Sebanyak 1 responden atau 5 % menyatakan tidak puas dalam hal kepuasan kerja di SMA N. 1 Rambang dangku
Kesimpulan:
1. Dalam hal kepuasan kerja Guru-guru di SMA N. 1 Rambang Dangku adalah puas , karena 45,6 % dari responden memberikan jawab tertinggi pada kategori 4 (puas), dan dari 20 responden yang memiliki jawaban tertinggi pilihan kategori 4 (puas) 13 responden / 65 %
2. Kepuasan kerja rata-rata puas karena hubungan antar personal dengan personal terpelihara dengan baik.

Lampiran Kuisioner
Mohon diisi dengan jujur dan sesuai dengan apa yang dialami !
Pilihlah jawaban dengan memberikan lingkarean pada angka yang sesuai dengan pilihan anda!
Pertanyaan Jawaban
1. Penghargaan yang diperoleh jika saya mengerjakan sesuatu
2. Hadiah yang diperoleh bila saya berhasil mengerjakan tugas dengan baik
3. Cara saya mengingat bila saya mengerjakan tugas dengan baik
4. Bagaimana pendapat sya bila dibandingan dengan pekerjaan yang sama di tempet lain
5. Gaji saya dan beban kerja yang saya lakukan
6. Gji saya dibandingkan dengan karyawan lain
7. Cara atasan saya memperhatikan guru/pegawai
8. Caya atasan saya memperhatikan setiap keluahan yang saya ajukan
9. Hubungan personal antara atasan dan bawahan, sesama personal 1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

Keteranagan:
1. Sangat tidak puas
2. Tidak puas
3. Cukup
4. Puas
5. Sangat puas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar